PPH Unika Atma Jaya Jakarta merupakan sebuah lembaga penelitian yang secara khusus didedikasikan untuk melakukan berbagai macam kajian dan penelitian terkait dengan HIV/AIDS. Fokus kegiatan PPH Atma Jaya diarahkan pada tiga bidang utama yaitu :

  • Penelitian,
  • Pengembangan kapasitas penelitian
  • Pengembangan jejaring untuk isu-isu HIV/AIDS

Ketiga bidang ini didukung oleh sebuah portal website yang berisi tentang informasi baik kegiatan penelitian, berita-berita terkini terkait dengan permasalahan HIV/AIDS, serta penyediaan informasi terbaru dengan kegiatan PPH. Demikian pula, ketiga bidang kegiatan tersebut didukung oleh sebuah perpusakaan online yang berisi tentang buku-buku dan artikel yang menjadi koleksi PPH Unika Atma Jaya. Sejumlah artikel dan laporan bisa diunduh dari perpustakaan online tersebut.

Secara khusus, salah satu upaya PPH Unika Atma Jaya di bidang pengembangan kapasitas penelitian ini adalah dengan menyelenggarakan kursus-kursus terkait dengan isu tentang HIV/AIDS dan metodologi penelitian. Ada dua bentuk kursus yang ditawarkan kepada publik yaitu kursus tatap muka, dimana secara regular PPH Unika Atma Jaya menawarkan serangkaian kursus dan workshop yang diselenggarkaan di Unika Atma Jaya. Jadwal kursus tatap muka bisa dilihat di www.pph.lppm.atmajaya.ac.id. Untuk memperluas keterjangkauan dan kemanfaatannya, PPH Unika Atma Jaya juga mengembangkan kursus online untuk materi-materi yang ditawarkan dalam kurus tatap muka. Dua bentuk kursus online yang ditawarkan adalah kursus mandiri dimana peserta bisa mengikuti kursus yang diinginkan sesuai dengan waktu yang dimilikinya. Kedua adalah kursus online yang dikelola oleh seorang/tim pengampu. Peserta bisa mengikuti kursus jenis yang kedua ini berdasarkan waktu yang telah ditentukan oleh pengampu. Semua kursus yang ditawarkan kepada publik ini tidak dipungut biaya. Peserta yang bisa menyelesaikan sebuah kursus berdasarkan kriteria tertentu yang ditentukan dalam kursus tersebut berhak memperoleh sertifikat kepesertaan kursus.